Cara Buat Radio Online Menggunakan Winamp Shoutcast

Salah satu fitur yang disediakan oleh Winamp terbari adalh Plugin Shoutcast. adapun manfaat dari Plugin ini adalah kita bisa membuat radio pribadi sendiri, tentunya Radio online. Tapi meskipun hanya bisa didengar online , jangan berkecil hati dulu sebab banyak dari blog broadcast yang saya baca, rata-rata radio-radio online terkenal memulai karir mereka dengan menggunakan sarana ini. So manfaatnya plugin ini dapat menyalurkan hobi bagi orang-orang yang berminat di dunia broadcast.

Nah, adapun yang pertama-tama yang harus sobat lakukan adalah adalah mendownload plugin Broadcastnya di situs resmi Winamp, di sini. Selanjutnya sobat harus mempunyai free hosting khusus untuk radio online, tenang aja banyak yang gratisan kok. Coba aja daftar di freestreamhosting.org atau listen2myradio.com. Tapi saran saya sobat daftar di freestreamhosting aja, soalnya cara daftarnya mudah dan kagak ribet.

Jika sudah maka sobat akan mendapatkan nomor server dan port yang nanti dimasukan dalam plugin Shoutcast Winamp sobat. Kalau sudah begitu lengkap sudah dah peralatan yang diperlukan untuk membuat radio online.

Contoh data-data yang diperlukan dari freestreamhosting.org:
IP/Sever : s7.myradiostream.com
Port : 9002
Password: Password yang didapatkan ketika sobat mendaftar

Setelah sobat mendapatkan semua data-data diatas, maka selanjutnya adalah mengisi data-data tersebut di plugin Shoutcast Winamp sobat.


Setelah data-data yang disebutkan diatas dimasukan, maka sobat tinggal tekan tombol Connect. Dan jadi deh Radio Online, [uter deh lagu-lagu kesukaan sobat misalnya 1 album non stop Lagu Dewi Persik yang aduhai...he...he.... Untuk mengets apakah Radio Online sobat sudah online apa belum , kunjungilah link http://server.com/port.html , misalnya dalam hal ini kalau disesuaikan dengan port sobat dengan data-data diatas adalah s7.myradiostream.com/9002.html

Sekian Tutorial mengenai cara membuat Radio Online menggunakan Plugin Shoutcast Winamp, kalau ada masalah silahkan tulis komentar di bawah, ntar kalau ada waktu saya balas sebisanya. Thanks dan selamat mencoba!